Pembangunan Jembatan Yang Tak Terselesaikan

17 November 2011 pukul 7:12 PM | Ditulis dalam Berita | Tinggalkan komentar

Sudah lama kiranya program pembangunan jembatan ini dicanangkan. Tapi sepertinya hal ini terhalang oleh sesuatu yang sumit untuk dipetakan.

Adalah sebuah jembatan yang rencananya akan berdiri di atas Sungai Brantas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tepatnya di Desa Janti, Kecamatan Papar. Lokasinya berdekatan dengan tempat tinggal saya, jadi hal ini menjadi bahan pembicaraan di masyarakat sekitar. Sebenarnya pembangunan jembatan ini akan sangat bermanfaat. Untuk menyambung hubungan antara Nganjuk dan Kediri itu sendiri. Tapi kenapa harus dihentikan?

Sebenarnya ini bukanlah salah “yang di atas” (Pemerintah Kabupaten Kediri). Tapi mungkin mereka tidak terlalu memikirkan ini saat perencanaan, jadi harusnya mereka ikut ambil bagian dalam pertanggungjawaban masalah ini. Jembatan ini menghubungkan dua daerah yang berbeda, entah itu dalam segi ekonomi, pendidikan, usia, kebutuhan hidup, pemahaman, atau lainnya. Jadi, harusnya “yang di atas” melakukan pendekatan sosial terlebih dahulu kepada masyarakat yang ada di sekitar proyek pembangunan jembatan, agar semua bisa jelas, gamblang, dan tidak dipermasalahkan lagi.

Ada dua kelompok masyarakat, bagian timur, dan bagian barat. Masyarakat bagian barat, mendukung penuh pembangunan jembatan. Tapi masyarakat bagian timur, tidak. Mengapa? Karena proyek pembangunan jembatan tersebut harus melakukan pelebaran jalan, yang artinya harus menggusur dengan ganti rugi (membeli paksa) lahan mereka yang telah berisi rumah. Mereka merasa enggan untuk berpindah rumah dan/atau bersusah payah untuk membangunnya kembali. Memang benar, umumnya mereka sudah lama bertempat tinggal di sana. Jadi sayang untuk ditinggalkan.

Pemerintah telah melakukan perundingan-perundingan dengan masyarakat sekitar. Tapi (mungkin) belum menemui titik terang. Semoga semua akan berjalan dengan aman, dan jalan yang terbaik akan ditemukan, Amin.

Iklan

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: