Alun-Alun Pare = ?

14 Juli 2011 pukul 10:13 PM | Ditulis dalam Selingan, Wisata | Tinggalkan komentar
Tag: , , , ,

Alun-alun. Bukanlah kata yang asing bagi kita. Tempat ini terletak di pusat Pare. Berada di dekat sekolah-sekolah yang berjajar rapi, konter-konter handphone, dan tempat belanja. Eits, tunggu dulu. Apa ini alun-alun? Ternyata bukan! :bingungs:

Menurut sumber yang terpercaya, ini bukanlah Alun-alun. Setiap alun-alun, pasti ada Masjid di sebelah pojok barat-selatannya.

Lalu mana alun-alun Kabupaten Kediri? Di kota.

Lalu mana alun-alun Kota Kediri? Tidak ada.

Ha???

Menurut sejarah, kompleks alun-alun selalu memiliki masjid di bagian pojok Barat-Selatan alun-alun tersebut. Tidak begitu dengan alun-alun yang ada di kota pare (lebih tepatnya kita sebut taman kota pare). Menurut sumber yang terpercaya, ini bukanlah alun-alun, tapi hanyalah sebatas “taman kota”. Tapi apakan Pare adalah sebuah kota? Bukan. Pare adalah sebuah kecamatan.

Taman kota ini menyerupai alun-alun. Anak-anak muda di sana (yang sudah dewasa juga ada) sering menyebut tempat ini sebagai alun-alun. Tapi sebenarnya tidak. Alun-alun Kabupaten Kediri ada di pusat kota wilayah Kota Kediri (menempati lahan Kota Kediri), jadi kebanyakan orang menyebutnya Alun-Alun Kota Kediri. “Padahal menurut sejarahnya, itu adalah Alun-Alun Kabupaten Kediri.” Tutur narasumber yang tidak mau disebutkan namanya.

Kembali ke Taman di Kecamatan Pare. Taman di sana cukup terawat, meski pedagang yang berjualan di sekitarnya. Banyak masyarakat (pengunjung taman) yang sekedar melintas, duduk-duduk, ada juga yang berfoto-foto. Di sana banyak juga pelajar yang menghabiskan waktu untuk berbincang dan melepas kepenatan sekolah.

Bagaimanapun, taman ini masih memerlukan perawatan yang intensif. Pertahankan Gelar Adipura yang telah disematkan oleh Presiden Republik Indonesia untuk Pare. Seperti yang tertera dalam monumen yang ada di sana.

Masih banyak foto yang tak sempat diupload (:takut loading lemot:)

Jaya Pare Adipura!

Tinggalkan sebuah Komentar »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s


Entries dan komentar feeds.

%d blogger menyukai ini: